Aplikasi Prabuku Smart City

By November 2, 2020 16:15

Aplikasi Prabuku Smart City

Prabumulih, Sabtu 31 Oktober 2020

Wakil Walikota Kota Prabumulih H. Andriansyah Fikri, SH di dampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Prabumulih Drs. Mulyadi Musa, M.Si dan Kadisdukcapil Heriyadi Kori, SH. Dalam hal ini Wakil Walikota Kota Prabumulih memberikan kabar baik bahwa Januari 2021 mendatang masyarakat tidak perlu lagi datang dan mengantri ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengurus dokumen kependudukan seperti Perekaman E-KTP, KK (Kartu Keluarga) dan Akta Kelahiran.

Saat di wawancarai awak media Walikota Kota Prabumulih mengatakan bahwa kedepannya nanti semua pelayan pencatatan sipil bisa dilakukan secara online melalui Aplikasi Prabuku Smart City “Kedepan semua pelayanan dokumen pencatatan kependudukan tidak perlu lagi datang ke disdukcapil, masyarakat cukup isi formulir melalui aplikasi Prabu Smart City di Hp (handphone). Aplikasi itu bisa di download melalui playstore, awal Januari 2021 pelayanan akan di mulai, “Ujarnya.

Selanjutnya Wawako juga menjelaskan aplikasi tersebut selain memudahkan pelayanan kepada masyarakat juga untuk menekan biaya yang dikeluarkan masyarakat serta menghindari terjadinya pungutan liar (pungli). “Masyarakat cukup daftar melalui online, nanti setelah selesai dicetak petugas akan mengantar langsung ke rumah warga,” Tutupnya

Aplikasi Prabuku Smart City merupakan program hasil kerjasama pihak Pemerintah Kota Prabumulih, Diskominfo dan Disdukcapil. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pelayanan pembuatan dokumen pencatatan kependudukan.

Selain itu, Kepala Disdukcapil menambahkan bahwa Persiapan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan melalui aplikasi online tersebut sudah lebih dari 90%. “Tinggal pelaksanaan saja, nanti awal tahun langsung kita terapkan secara bertahap,” Ungkapnya

Berikut Cara Penggunaan Aplikasi :

1. Download di Play Store dengan ketik Prabuku Smart City di hal pencarian
2. Klik icon dan Aplikasi Smart Prabuku Smart City lalu Install dan Buka aplikasi
3. Klik Masyarakat dan klik Daftar
4. Silakan isi biodata dan nik untuk pendaftaran lengkap dengan password dan e-mail jangan sampai salah
5. Kalau sudah daftar akan ada pesan Sukses dan sudah dapat melakukan Pelayanan dan Pengaduan dengan memilih icon yang ada juga SKPD disdukcapil.
6. Pilih jenis layanan dan submit untuk dan tunggu serta cek status layanan yang ada di dashboard atas respon dari Petugas Pemerintah.

Sumber : Diskominfo_Prabumulih

By November 2, 2020 16:15

Pencarian

Kategori

PRABUMULIH KOTA CSIRT