Kota Prabumulih Raih WTP Tercepat ketiga Nasional dan pertama se Sumsel

By March 22, 2023 08:29

Kota Prabumulih Raih WTP Tercepat ketiga Nasional dan pertama se Sumsel

PALEMBANG – Selasa (21/3/2023) Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Predikat WTP ke 10 itu di raih Kota Prabumulih dengan nomor satu tercepat di Provinsi Sumatera Selatan dan juga tercepat ketiga secara Nasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Andri Yogama pada Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di ruang rapat Rawas Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (21/03/2023).

“BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Prabumulih tahun 2022 memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian,” kata Andri Yogama Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumsel.

Dengan di raihnya Predikat WTP ke 10 berturut-turut sejak 2013 lalu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Selatan pada sambutannya juga menjelaskan agar kiranya untuk dapat di pertahankan dan di kembangkan serta di perbaiki hal-hal yang sudah di rekomendasikan oleh Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

“Walaupun demikian, kepada Pemerintah Kota Prabumulih juga DPRD Kota Prabumulih untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan predikat saat ini, tak lupa terkait tindak lanjut rekomendasi dari Tim perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Selatan untuk di terapkan demi kesejahteraan bersama.

Atas berhasilnya Pemerintah Kota Prabumulih meraih predikat Opini WTP yang Ke 10, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menuturkan momen tersebut merupakan momen yang membuatnya terharu.

“Alhamdullilah Kota Prabumulih kembali meraih Opini WTP yang ke 10 kalinya secara berturut turut, momen ini membuat saya terharu dimana sejak awal saya menjadi Walikota hingga saat ini tinggal beberapa bulan lagi di periode ke dua saya, kembali mempertahankan predikat WTP ini,” ucapnya dengan nada penuh syukur.

Untuk mempertahankan terus Predikat yang telah di peroleh saat ini, Walikota Prabumulih Ridho Yahya untuk tahun yang akan datang mengatakan akan mengusulkan Sekretaris Daerah Kota Prabumulih Elman ST MM sebagai Penjabat Walikota Prabumulih.

“Ya semoga ini bertahan dan berlanjut untuk tahun berikutnya, mengingat masa jabatan saya sudah tinggal 5 bulan lagi, nanti akan kita usulkan Pak Sekda yang akan melanjutkan menjadi Penjabat Walikota yang akan datang,”terangnya di hadapan orangnya langsung.

Terkait hal yang di rekomendasikan pihak BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan untuk Pemerintah Kota Prabumulih yang di terangkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Selatan, Wako Prabumulih Ridho Yahya menegaskan untuk dapat memperbaikinya.

“Jujur kami ladas tadi bukan apa pak karena hal tersebut untuk mempererat silaturahmi kita karena jabatan ada masanya sementara persaudaraan tidak dan kami tentunya sadar bahwa hal tersebut merupakan kesalahan, merupakan keteledoran kami namun saya tidak dapat berjanji karena masa jabatan saya sudah mau habis dan InsyaAllah hal tersebut dapat di perbaiki pada tahun yang akan datang,”pungkasnya.

Senada dengan Wako Prabumulih, Ketua DPRD Kota Prabumulih Sutarno SE yang hadir langsung pada penyerahan LHP tersebut juga turut merasakan bangga atas apa yang di capai kali ini.

“Pagi ini, pagi yang sangat cerah yang mana suasananya kali ini sesuai keinginan kita (berhasil meraih WTP-red),”ujarnya.

Tambahnya, perwakilan pimpinan dan anggota DPRD Kota Prabumulih, menyampaikan apresiasi atas kontribusi BPK RI Perwakilan Sumsel untuk proses pemeriksaan yang transparan di Kota Prabumulih.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan atas kontribusi dan dukungannya terhadap Pemerintah Kota Prabumulih untuk perbaikan penyelenggaraan keuangan di Pemerintah Kota Prabumulih yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien,”jelasnya.

Pihaknya bersama Pemerintah Kota Prabumulih akan terus memantau kebijakan dan program untuk Kota Prabumulih yang lebih Sejahtera.

“DPRD Kota Prabumulih bersama Pemerintah Kota Prabumulih akan terus mengevaluasi dan memantau setiap kebijakan dan program untuk kesejahteraan masyarakat di Kota Prabumulih,” tutupnya

By March 22, 2023 08:29

Pencarian

Kategori

PRABUMULIH KOTA CSIRT